Senin, 07 Juli 2014

Jalan - Jalan yuuuu edisi BADUY DALAM 21-22 JUNI

akhirnya tanggal ini datang juga , petualang ke desa baduy yang terkenal dengan *Jalan Kaki tanpa Alasnya* terus jauh dari peradaban di mulai juga . perjalanan gue kali ini tidak luput bersama teman BPI , yeaaah mereka sudah menjadi keluarga trip gue rupanya. oke berawal dari rencana bulan april silam , dan direncakan tanggal 14-15 juni tapi berhubung tanggal segitu di baduy sedang ada acara maka kita ga bisa main ke sana maka di putuskan untuk mundur tanggalnya menjadi 21-22 juni 2014 , oke gue relain bolos pembekalan KKN demi ikut ke baduy ini. dimulai dari petualangan tengah malam di jakarta , gue berangkat dari bandung jam 8 malam , sampai jakarta jam 11 malam , gue niatnya mau nyusul temen yang dari semarang di senen tapi berhubung temen gue yang bilang mau jemput lagi sibuk dengan acaranya dan salah komunikasi diantara kita (katanya), gue turun di jatinegara aja dengan rasa takut soalnya tengah malam gue ga dijemput dan waktu itu bingung mau kemana , mau pulang juga orang rumah nanti kaget , gue bermodalkan jarum dan gunting , hahah efek takut gue keluar dari stasiun di dempet terus sama bapak ojek , gue kesel lah , wong gamau naik di paksa naik , diikutin pula , gue ngomong di bantah mulu , deeuh rasanya mau tak tusuk pake jarum itu orang, hahah. terus karena takut gue telp ade gue kalo papahnya suruh jemput gue tapi papahnya sudah tidur , oke gue langsung aja naik angkot untung penuh tuh angkot terus turun d depan gang rumah dan baru di jemput papahnya ade , alhamdulillah selamat , seengaknya dengan kejadian itu gue ngerasa sedikit berani berada di jakarta tengah malam , kalaupun ibu gue tau pasti udah mencak mencak marah , karena gue perempuan. udah tuh terus paginya jam 5 habis shubuhan gue langsung cau ke stasiun klender buat nuju ke stasiun duri tempat meponya . pas gue lagi transit di manggarai gue ketemu sama peserta lainnya , yang ga sengaja ternyata di samping gue , namanya mba dian , akhirnya gue bareng sama rombongan mba dian cau ke duri sampai lah diduri kisaran jam 06.00 . kita ketemu dengan peserta lainnya . jam 07.15 kita berangkat ke rangkas , sampai rangkas lupa kisaran jam berapa terus lanjut naik elf ke ciboleger tuh . nah di ciboleger ke baduy dalam kita butuh waktu tracking kisaran 4-5 jam , gila berasa naik gunung ini mah ya. oh ya pas di ciboleger kita foto-foto dulu nih ,ada foto di tengah perjalanan juga sambil istirahat nih

oke setelah menempuh kisaran 4jam lebih samapilah di baduy dalam , jangan harap di sana kalaian nemuin sinyal , ga akan ada sinyal , oya selama di baduy dalam juga kita ga boleh ambil gambarnya ya , ikutin adat sana entahalah alesan tepatnya kenapa , terus lu yang bisa masuk baduy dalam itu orang istimewa karena ga semua orang bisa masuk sini , bukan karena jalannya yang jauh tapi ada beberapa kriteria orang yang ga boleh masuk baduy dalam , yaitu orang china , orang asing , kalo orang berkulit putih kaya orang asing entah lah boleh apa ga , untungnya gue kulitnya gelap . hahaha . satu hala lagi di sana lu ga bakal nemuin yang namanya kamar mandi , soalnya orang baduy mandi dll nya dilakukan di sungai , dan kita disana ga diperbolehkan menggunakan sabun dan bahan kimia lainnya. selama disana gue mau buang air kecil aja susah banget , bukan sombong tapi emang susah karena belum terbiasa. tapi benear-benar hidup dengan alam.
oke kita malamnya bercanda saling berkenalan antar sesama peserta .terus besok paginya dilanjut dengan pulang , via jalur akar , yeaaah jalaur jembatan akar , ini jembatan gila abis pokoknya , kereeen. gue cuma denger doang sekarang gue bisa liat langsung . cekidot fotonya
aaahk ga nyangka akhirnya gue bisa kesini juga , ga nyangka gue mampu naik turun gunung gituh . amzing and tercengang aja sama ini jembatan akar. setelah itu kita lanjut samapi akhirnya kita sampai di tempat nunggu elf. nih disini ada foto bareng kang sangsang , sang penduduk baduy dalam dan guide kita plus yang punya rumah (rumah yang kita inepin)
kemudian setelah sampai di stasiun rangkas lagi kita nunggu kereta , dan yes karena nunggu peserta lain akhirnya kita ngemper bareng deh di dalam kereta . seru , gokil dah kebersamaan kita ga dilupain pokoknya (buat gue)
karena mencar duduknya jadilah fotonya hanya segini orang , pas sudah sampai st.duri kita lanjut foto kembali bersama without keluarga mas eko karena mereka pulang duluan. dan disinilah kita berpisah ke temapt masing-masing . see u next trip :) semoga kita bisa bertemu di trip selanjutnya . aamiin :)